MANAJEMEN PENDIDIKAN PADA PENDIDIKAN SISTEM GANDA DI SMK MUHAMMADIYAH 2 BANJARMASIN

  • Ahyar Rasyidi STAI Al-Jami, Banjarmasin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara detil pelaksanaan manajemen pendidikan pada pendidikan sistem ganda dalam mencapai tujuan pendidikan di SMK Muhammadiyah 2 Banjarmasin. Dalam penelitian menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif, yaitu menggambarkan apa adanya kenyataan faktual yang ditemukan di lapangan penelitian. Penelitian deskriptif ini dimaksudkan untuk mendapatkan data berupa kata-kata, informasi tertulis dan lisan serta keadaan dari pelaku yang dapat diamati. Metode ini diharapkan mampu mengungkap dan menggambarkan keadaan yang sedang berlangsung di lapangan pada saat penelitian di lakukan. Hasil penelitian mengemukakan bahwa 1) Sebagai manajer kepala sekolah pada umumnya telah melaksanakan manajemen pendidikan pada pendidikan sistem ganda (PSG) di SMK Muhammadiyah 2 Banjarmasin dengan baik. Sesuai dengan ketentuan dan fungsi-fungsi manajemen terutama dalam melakukan perencanaan, pengorganisasian, pengawasan dan melakukan evaluasi secara komprehensif pada program pendidikan sistem ganda (PSG) khususnya pada aspek praktik kerja industri (prakrin). 2) Sebagai kepala sekolah yang menjadi manajer pada SMK Muhammadiyah 2 Banjarmasin, telah berhasil menggerakkan manajer-manajer tingkat (middle manajer, lower manajer) sehingga mereka bekerja sesuai dengan job masing-masing dan bekerja sesuai dengan garis komando yang telah disepakati. Ini semua ditentukan oleh kemampuan manajerial skill yang dimiliki kepala sekolah, sehingga bisa menggerakkan orang lain (bawahan) sesuai apa yang dikehendaki. 3) Sehubungan dengan pola kerjasama yang dibina kepala sekolah dengan pihak dunia usaha/dunia industri (DUDI) sudah berjalan dengan baik, meskipun peran kepala sekolah boleh dikatakan hanya dibelakang layar, kepala sekolah  menggerakkan para wakilnya sehingga bekerja sesuai dengan apa yang diharapkan.

References

A.L. Hartani, Manajemen Pendidikan, Yogyakarta: LaksBang PRESSindo, 2011.
Abdul Hadis dan Nurhayati B, Manajemen Mutu Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2010.
Abdul Rahman Saleh dan Fahidin, Materi Pokok Manajemen Perpustakaan Perguruan Tinggi, Jakarta:Universitas Terbuka,1995.
Agus Suprijono, Cooperative Learning-Teori dan Aplikasi PAKEM, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.
Amri Darwis, Manajemen Konflik Pengembangan Ilmu Berparadigma Islami, Pekan Baru: Suska Press, 2008.
Andrew Leigh, 20 Kiat manajer yang sukses, terj. Agus Maulanan, (Jakarta: Binarupa Aksara, 1991.
Arif Rohman dan Teguh Wiyono, Education Policy in Decentralization Era, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.
Azhar Arsyad, Pokok-Pokok Manajemen-Pengantar Praktis bagi Pimpinan dan Eksekutif, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003.
Burhanuddin, Analisis Administrasi Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 1998.
Deborah Tannen, That’s Not What I Meant-Seni Komunikasi Efektif-Membangun relasi dengan membina gaya persahabatan, Jakarta: PT Gramedia Pustaka, 1996.
Departemen Agama, In Service Training KKM MTs/MI. Jakarta: PPIM, 2001.
E. Mulyasa, Menjadi Kepala Sekolah Profesional, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.
E. Zaenal Arifin dan S. Amran Tasai, Cermat Berbahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi, Jakarta: Ekapress, 2000.
H. B. Siswanto, Pengantar Manajemen, Jakarta: Bumi Aksara, 2005.
Hamalik, Oemar. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2010.
Hikmat, Manajemen Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia, 2009.
Ishak Arief dan Hendri Tanjung, Manajemen Motivasi, Jakarta: Gramedia Widia Sarana Indonesia, 2003.
M. Manullang, Management Personalia, Jakarta: Ghalia Indonesia, 1994.
Made Pidarta, Manajemen Pendidikan Indonesia, Jakarta: PT Asdi Mahasatya, 2004.
Malayu P. Hasibuan, Organisasi dan Motivasi: Dasar Peningkatan Produktivitas, Jakarta: Bumi Aksara, 2001.
Miftah Toha, Perilaku Organisasi-Konsep Dasar dan Aplikasinya, Jakarta: Rajawali Pers, 2011.
Mulyasa, E. Menjadi Kepala Sekolah Profesional -Dalam konteks menyukseskan MBS dan KBK, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011.
Nur Zazin, Kepemimpinan dan Manajemen Konflik-Strategi mengelola konflik dalam Inovasi Organisasi dan Pendidikan di Madrasah/Sekolah yang unggul, Cet. I, Yogyakarta: Absolute Media, 2010.
Oemar Hamalik, Manajemen Pengembangan Kurikulum, Bandung: Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia dengan PT Remaja Rosdakarya, 2010.
Prajudi Atmosudirdjo. Administrasi dan Management Umum,(Jakarta: Ghalia Indonesia, 1982.
Republik Indonesia, Ensiklopedi Nasional Indonesia, Jakarta: Adi Pustakatama, 1990.
Republik Indonesia. Undang-Undang RI No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Cemerlang, 2003.
Richard Nelson-Jones, Cara Membina Hubungan baik dengan Orang lain-latihan dan bantuan mandiri,terj. R. Bagio Prihatono, Cet. II, Jakarta: Bumi Aksara, 1996.
Sa’ud, Udin Syaifudin. Perencanaan PendidikaN. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2009.
Safarudin & Irwan Nasution, Manajemen Pembelajaran, Jakarta: Quantum Teaching. 2005.
Soedijarto, Memantapkan sistem pendidikan nasional, Jakarta: PT Gramedia Wirasarana Indonesia, 1993.
Sondang P. Siagaian, Manajemen Sumber Daya Manusia, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2007.
Sondang P. Siagian. Filsafat Administrasi, Jakarta: Bumi Aksara, 2004.
Suharsimi Arikunto, dkk. Manajemen Pendidikan, Manajemen Pendidikan, Yogyakarta. Aditya Media bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), 2002.
Syafaruddin, Manajemen Lembaga Pendidikan Islam, (Jakarta: PT. Ciputat Press, 2005.
Syafarudin, & Irwan Nasution, Manajemen Pembelajaran, Jakarta: Quantum Teaching. 2005.
T.Hani Handoko, Manajemen Personalia dan Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta: BPFE, 1996.
T.M. Lillico, Komunikasi Manajemen, Jakarta: Erlangga, 1984.
Thomas S. Bateman dan Scott A. Snell, Manajemen Kepemimpinan dan Kolaborasi dalam Dunia yang Kompetitif-Management Leading & Collaborating in a Competitive Wold, Jakarta: Salemba Empat, 2009.
Tim Dosen FIP-IKIP Malang, Pengantar dasar-dasar Pendidikan, Surabaya: Usaha Nasional, 1988.
Ulbert Silalahi, Studi Tentang Ilmu Administrasi Konsep Teori dan Dimensi, Bandung: Sinar Baru Agensindo, 2003.
Umiarso dan Imam Gojali, Manajemen Mutu Sekolah di Era Otonomi Pendidikan-Menjual Mutu pendidikan dengan Pendekatan Quality Control bagi Lembaga Pendidikan, Jogjakarta: IRCiSod, 2010.
Veithzal Rivai dan Sylviana Murni, Education Management Analisis Teori dan Praktik, Jakarta: Rajawali Pers /PT Rajagrafindo Persada, 2009.
Wina Sanjaya, Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, (Jakarta: Kencana, 2011.
Winardi, Manajemen Supervisi, Bandung: Mandar Maju, 1996.
Yusuf al-Aqshari, Manajemen Konflik, Jakarta: Darul Lathaif, 2002.
Zulkarnain Nasution, Manajemen Humas Lembaga Pendidikan konsep fenomena dan aplikasinya, Malang: UPT UMM Press, 2006.
Published
2019-06-01
How to Cite
Rasyidi, A. (2019). MANAJEMEN PENDIDIKAN PADA PENDIDIKAN SISTEM GANDA DI SMK MUHAMMADIYAH 2 BANJARMASIN. Darul Ulum: Jurnal Ilmiah Keagamaan, Pendidikan Dan Kemasyarakatan, 10(1), 91-113. https://doi.org/10.62815/darululum.v10i1.33